Senin, 29 Agustus 2016

K. H. Muhammad Arifin Ilham (Kumpulan Ceramah Oktober 2012)




 
K. H. Muhammad Arifin Ilham
31 Oktober
Assalaamu alaikum wa rahmatullaahi wa barkaatuhu. Sedang apa kalian sahabat sholehku, semoga kalian tetap dalam kenikmatan taat di Jalan Allah. Muhasabah diriku dan kalian, "Ternyata kita masih bisa "percaya diri", masih bisa bergaya di depan saudara kita, masih bisa menasehati org lain, masih bisa membuat org percaya pd kita, mengagumi kita sampai mencintai kita. SUBHANALLAH itu semua sebenarnya, karena KEMULIAAN sifat ALLAH, "AS SAATIR", karena ALLAH masih menutupi aib aib kita, seandainya ALLAH buka setiap dan semua aib kita, betapa MALUUUUUUUNYA kita...? Inilah sahabatku yang membuat org beriman tidak tertarik sama sekali cari aib org lain, sibuknya minta ampun atas dosa dosanya kepada Allah, senangnya ibadah, semangatnya amal sholeh dan asyiknya memperbaiki dirinya. "Tiada hari tanpa perbaikan, hari ini lebih baik dari kemaren, besok lusa lebih dari hari ini...insya Allah...aamiin".

K. H. Muhammad Arifin Ilham
30 Oktober
Assalaamu alaikum wa rahmatullaahi wabarkaatuhu. Sahabat sholehku, sedikit kisahku bershilaturrahm via FB ini dengan kalian. Dua tahun lalu aku "gaptek" gagap tehnologi, hanya sedikit yang kumengerti apalagi FB ini. Sepulang da'wah dari Australia, sahabat kita disana mengingatkanku betapa pentingnya da'wah via dunia maya. Dari situlah aku mulai belajar dengan sahabat mesjid. Ternyata FB atas namaku sudah ada yang buat tanpa sepengetahuan dan izinku, KH Muhammad Arifin Ilham. Aku keberatan dengan nama Kiyai, aku lebih suka dipanggil abang bagi usianya dibawahku, umurku kini 43 tahun, makin dekat wafat ya sahabatku. Alhamdulillah yang buat fans FBku menemuiku dan menyerahkan pinnya kepadaku, rupanya beliau sengaja buat untukku, namun sudah tidak bisa diganti lagi nama yang sudah ada. Maafkan aku sahabatku, kalau nama Kiyai membuat kalian tidak nyaman. Bagiku kalian sahabat da'wahku, aku ingin terus shilaturrahm hingga Allah memanggilku, dan juga sudah kuamanahkan pin FB ini ke Ustadz Abdus Syukur u meneruskan da'wah ini. Ini dengan ku sendiri, abangmu Muhammad Arifin Ilham, "Semoga Allah persahabatkan kita dunia akhirat dalam RidhoNya...aamiin".

K. H. Muhammad Arifin Ilham
29 Oktober
Assalaamu alaikum wa rahmatullaahi wa barkaatuhu. Kembali sebelum rehat malam ini kuajak diriku dan kalian sahabat sholehku u merenungi nasehat Rasulullah, "Jaminlah untukku 6 hal darimu, aku jamin SYURGA untukmu,
1. BENAR dalam bicara,
2. MENEPATI janji kepada ALLAH, seperti sholat, zakat, puasa dll, dan janji pada manusia, seperti, nazar, sumpah dsb,
3. TUNAIKAN amanah,
4. TUTUP aurat dan jaga kemalu
anmu,
5. TAHAN matamu dari yang haram (pornogarafi),
6. JAGA tangan", seperti, memukul bukan hak, menerima atau memberi yang haram, menyentuh yang bukan mahramnya. (HR Ahmad.Ibnu Hibban dan Baihaqi). "Allahumma ya ALLAH tanamkan dihati kami kekuatan dan keindahan iman, hiasilah hidup kami dengan kenikmatan ibadah dan kemuliaan akhlak, dan selamatkan kami dari semua fitnah dan keinginan ma'siyat...aamiin".


K. H. Muhammad Arifin Ilham
28 Oktober
Assalaamu alaikum wa rahmatullaahi wa barkaatuhu. "Sahabatku ingin selamat dunia akhiratkan? Jagalah lisan, "assukuutu aslam" diam lebih selamat dari byk bicara. Byk bicara mengeraskan hati, kurang wibawa, banyak salah dan dusta. Org yang takut ALLAH, sgt bagus tutur katanya (QS 33 : 70). Rasulullah bersabda, "Siapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhirat, hendaklah berkata baik, benar, jujur, sopan, sant
un, mulia, kalau tidak diam". Diam itu emas tetapi bicara baik itu berlian. Indahkan lisan mu'min itu, seperti cincin emas bermahkota berlian. Sungguh byk yang kuat puasa menahan lapar haus tetapi sedikit yang kuat puasa menahan byk bicara. Apalagi dusta, bila kita sukses melalui satu hari saja tanpa dusta, maka sungguh itulah Hari Lebaran bagi kita. SubhanAllah, sahabatku, Semoga Allah selalu bimbing kita u selalu menjaga lisan kita...aamiin".

K. H. Muhammad Arifin Ilham
27 Oktober
Assalaamu alaikum wa rahmatullaahi wabarkaatuhu. Dari Al-Bara’ bin Azib r.a, Rasulullah bersabda kepadaku, “Kapan pun engkau hendak tidur berwudhulah terlebih dahulu sebagaimn engkau hendak shalat, berbaringlah dengan menghadap ke arah kanan dan berdoalah, ‘Allahumma aslamtu wajhi ilaika, wa fawwadhtu amri ilaika, wa alja’tu zhahri ilaika raghbatan wa rahbatan ilaika. La malja’a wa laa manja minka illa ilaika.
Allahumma amantu bikitabikal-ladzi anzalta wa Nabiyyikal arsalta’, ( Ya Allah! Aku berserah diri kepada-Mu, mempercayakan seluruh urusan ku kepada-Mu, aku bergantung kepada-Mu u memperoleh berkahMu dengan harapan dan ketakutanku kepadaMu, tak ada tempat u perlindungan dan keamanan selainMu. Ya Allah! Aku percaya kepada kitab-Mu dan aku percaya kepada Nabi-Mu yang telah engkau utus), maka apabila malam itu engkau mati, kau akan mati dalam keimanan. Biarkanlah kata-kata tadi menjadi kata-kata kita terakhir, sahabatku”. "SubhanAllah inilah diantara alasanku selalu mengingat kalian sebelum tidur, jangan lupa berwudhu, berdoa dan berzikir..."Gladeresik Mati" agar kita semakin siap menghadapi kematian yang datang sekonyong konyong dan Allah wafat kan HUSNUL KHOTIMAH...aamiin. Selamat istirahat sahabat sholeh sholehahku".

K. H. Muhammad Arifin Ilham
26 Oktober
Assalaamu alaikum wa rahmatullaahi wa barkaatuhu. SubhanAllah walhamdulillah, diantara hamba Allah yang berqurban sahabat kita, bang Hasan, beliau tukang ojek, setiap tahun qurban kambing besar. Kutanya, "Apa yang membuat abang tiap tahun qurban?". "SubhanAllah ustadz, setiap hari kusisihkan uang untuk tabungan qurban dan haji, itu nazarku dan kadang dapat rizki yang terduga sehingga bisa selalu cukup menje
lang hari qurban". Sahabatku, ada jawaban beliau yang membuat aku tertegun bahagia, "Allahu Akbar, ustadz, nabi Ibrahim sekelurga rela Demi CINTA ALLAH mengorbankan yang paling dicintainya, masa ustadz aku hanya seekor kambing terasa berat, untung bukan anakku yang diminta Allah, maka jadi jihadku untuk berqurban, ustadz". "Mereka yang bersungguh2 bermujahadah mendekatkan dirinya kepada Allah, maka Allah tunjukkan jalan jalan, cara cara untuk meraih hadiah hidayahNYA..." (QS 29:69). Hikmah lagi kudapat dari bang Hasan. Jangan lupa besok subuh sabtu 04 00 - 05 30 Hikmah Subuh dari MNCTV siaran rekaman Tawsiyah Zikir dari mesjid Az Zikra Sentul. Arifin sekeluarga mengucapkan selamat Idul Adha dan mohon maaf lahir bathin.

K. H. Muhammad Arifin Ilham
25 Oktober
Assalaamu alaikum warahmatullaahi wabarkaatuhu. Sahabatku tidak ada hal yang harus disegerakan dari semua yang harus disegerakan selain SEGERA BERTAUBAT dan MOHON AMPUNAN ALLAH. Bacalah DOA TAUBAT ini dengan penghayatan lalu aminkan dengan keyaqinan, sungguh doa hamba yang puasa Arafah diijabah ALLAH, "Ya ALLAH pujian u MU seluas langit dan bumi, hanya ENGKAU terpuji Ya ALLAH, hamba berterimakasih pdMU yang telah memberi KESEMPATAN hamba bertaubat, ya ALLAH sampaikan sholawat salam u RasulMU yang mulia, keluarga, dan para sahabat yang menyertainya. Ya Rabbana kami telah menzholimi diri kami dengan byk berbuat ma'siyat, kalau ENGKAU tidak ampuni dan rahmati kami, niscaya kami termasuk mahlukMU yang celaka, Ya ALLAH tidak ada sesuatupun tersembunyi dimatamu, alangkah malunya hamba, alangkah hinanya hamba, alangkah kotornya hamba, rasanya tidak pantas menyebut NAMAMU yang SUCI lagi MULIA, sementara hamba ini penuh dengan lumuran dosa, tetapi ENGKAU dengan RAHMATMU masih memberi KESEMPATAN hamba u berTAUBAT, Ya ALLAH Ya Rahman Ya Rahim Maha Pengasih Maha Penyayang Maha Menerima Taubat, terimalah taubat hamba, ampunilah seluruh dosa hamba, maafkan seluruh kesalahan hamba, HIJRAHKAN hamba menjadi hambaMU yang sungguh2 TAKUT pdMU dan TAKUT DAHSYATNYA HARI PEMBALASAN...sungguh2 TAAT padaMU...sungguh2 MEMPERBAIKI DIRI...sungguh2 TIDAK MA'SIYAT LAGI...Ya ALLAH, hamba ingin BAHAGIA SELAMA2 NYA DI AKHIRAT...ya ALLAH, kabulkan doa hamba...aamiin".

K. H. Muhammad Arifin Ilham
25 Oktober
Assalaamu alaikum wa rahmatullaahi wa barkaatuhu. Mengingat DOA SANGAT MUSTAJAB bagi para tamu ALLAH yang sedang berwukuf dan. bagi hamba ALLAH yang berpuasa Arafah. Insya ALLAH sore ini 17 00 bersamaan waktu Wukuf Saudi Arabia, kita berdoa sebagaimana para tamu ALLAH berdoa, sahabatku bisa ikuti siaran langsung dari mesjid Az Zikra Sentul or live streaming salingsapa.com majlis Az Zikra atau hadir langsung, diantara doa dipanjatkan akan kutulis via FB ini, mohon sahabatku baca dengan berdoa penuh keyaqinan. Rasulullah bersabda, “Sebaik-baik do’a adalah do’a pada hari Arofah...(HR At Tirmidzi). "Semoga ALLAH kabulkan doa doa kita, membimbing kita untuk sungguh sungguh taat kepedaNYA dan memberkahi sisa umur kita...aamiin".

K. H. Muhammad Arifin Ilham
24 Oktober
Assalaamu alaikum wa rahmatullaahi wa barkaatuhu. Sahabatku, insya Allah kamis besok para tamu Allah melaksanakan Wukuf Arafah, 9 Dzulhijjah, sehari sebelum Idul Adha. Sungguh disunnahkan bagi umat Rasulullah yang tidak berwukuf u Puasa Arafah, inilah dalil dengan keutamaannya, 1. Meraih syafaat Rasulullah karena Puasa Arafah adalah puasa kesukaan Rasulullah, "Tiada dari hari dalam setahun aku berpuasa lebih aku sukai drpd hari Arafah. (HR Baihaqi), 2. Penghapus dosa setahun yang lalu bahkan sesudahnya, “Saya berharap kepada Allah agar dihapuskan (dosa) setahun sebelumnya dan setahun sesudahnya.” (HR Muslim), 3. Saat berpuasa doa sangat mustajab, “Sebaik2 do’a adalah do’a pd hari Arofah...(HR At Tirmidzi), 4. Insya Allah dengan taubat sungguh2 dan Puasa Arafah, Allah bebaskan dari Neraka, “Di antara hari yang Allah byk membebaskan seseorg dari Neraka adalah hari Arofah (HR Muslim), “Tidaklah seorg hamba berpuasa sehari di jalan Allah melainkan Allah pasti menjauhkan dirinya dengan puasanya itu dari api Neraka selama tujuh puluh tahun.” (HR Bukhari Muslim). "SubhanAllah begitu besar rahmat dan karunia Allah u hambaNya yang berpuasa Arafah, Semoga Allah perkenankan arifin dan kalian sahabatku u menikmati Puasa Arafah...aamiin".


K. H. Muhammad Arifin Ilham
22 Oktober
Assalaamu alaikum wa rahmatullaahi wa barkaatuhu. ANAK SHOLEH itu sangat taat pd ALLAH dan orang tuanya, selalu berdoa untuknya, bicara dengan tidak menatapnya (QS 17:23-24), tidak mengeluhkan kekurangannya, tidak berhitung, selalu mudah memaafkan kesalahannya, "ingat! kesalahannya tidak menutupi jasa besarnya dalam hidup kita", sampai berbeda agama sekalipun tetap berbhakti padanya tanpa harus mengikuti agamanya (QS 31:15), merawatnya diusia senja, kalau ada nasehat untuk orang tuanya, ia sampaikan dengan pelan pelan lemah lembut, kalau ternyata orang tua selalu menyakiti, ia balas dengan sabar, doa, tetap sayang, baik sangka dan tawakkal, senang memberi hadiah untuknya, selalu membuatnya senyum, "i love you abah mama full forever". "Ya Rabbana ampunilah semua dosa kami, dosa kedua orang tua kami, rahmatilah kedua orang tua kami sebagaimn keduanya menyayangi kami kala kecil, wafatkan keduanya husnul khotimah dan jadikan kuburan keduanya Taman diantara Taman taman SyurgaMu ya Allah...aamiin".

K. H. Muhammad Arifin Ilham
21 Oktober
Assalaamu alaikum wa rahmatullaahi wa barkaatuhu. KELUARGA SAKINAH itu keluarga y g bahagia dunia akhirat karena setiap anggota keluarganya menikmati taat kepada ALLAH, saling cinta, saling berbagi, saling berlomba u membahagiakan dan saling mendoakan. Alqur'an dan Sunnah landasannya, bacaan Alqur'an terdengar disetiap magrib dan subuh, kajian keluarga setiap pekan, tahajjud dan dhuha pun terjaga, setiap berj
umpa selesai sholat, kajian dan bepergian, mereka saling peluk cium, ikhtiarnya pada rizki yang halal dan mereka pun mempersiapan generasi keluarganya u menjadi generasi da'wah, dan semuanya rindu RIDHO dan SYURGAnya ALLAH. Inilah yang disebut Imam Ghazali, "Al Jannah qoblal Jannah" rumah tangga Syurga sebelum Syurga sebenarnya. Kutulis ini setibaku di Pasaman Timur 3 jam lewat darat dari Padang Sumatera Barat. Lelahku terasa ni'mat setelah menulis hikmah ini u kalian sahabatku tercinta...met istirahat ya sahabatku, Semoga Allah terus menerus memperbaiki keadaan kita dan keluarga kita...aamiin.

K. H. Muhammad Arifin Ilham
21 Oktober
Aassalaamu alaikum wa rahmatullaahi wa barkaatuhu. Kembali dipenghujung malam ahad ini ku mengajak kalian sahabatku untuk merenungi nasehat Rasulullah yang Allah utus memperbaiki akhlak umat manusia. "Sesungguhnya umatku yang paling dekat denganku di akhirat kelak adalah yang paling lembut tutur kata, paling mulia akhlaknya, paling rendah hati dan senang menyesuaikan diri dengan sesama namun tetap dalam sunnahku"
(Ath Thobrani). Semakin beriman, semakin bertaqwa, semakin senang ibadah, semakin semangat amal sholeh, semakin mulia akhlaknya, semakin SIBUK dan ASYIK memperbaiki dirinya, sama sekali tidak tertarik mencari kekurangan apalagi aib orang lain, SUBHANALLAH sederhana akhlak ini tetapi luar biasa, membuat empu akhlak ini sangat bahagia sebelum dibahagiakanNya di Akhirat kelak...ku berharap dengan ku ulang ulang nasehat nasehat Rasulullah semakin menyadarkan diriku dan kalian sahabatku tercinta untuk segera menikmatinya dengan mengamalkannya...insya Allah...aamiin

K. H. Muhammad Arifin Ilham
20 Oktober
Assalaamu alaikum wa rahmatullaahi wa barkaatuhu. Sahabatku tercinta, dhuha ini kuajak kalian mengetahui ternyata ada lho org tua yang durhaka kepada anaknya, simaklah kisah ini. Seorg bapak marah marah pada anaknya yang nakal, lalu anak itu mengadu pd Umar alKhottob, "Hai tuan, apakah seseorg anak punya hak pd orgtuanya? "Ya anak punya hak pd orgtuanya", "Apa hak anak itu tuan?", "Memberi nama anak dengan nama yang baik, mengajarnya Alqur'an dan mencari ibu yang sholehah", "Tuan, ayahku memberi namaku Ja'lan (kuda liar), tidak mengajari Alqur'an dan ibuku musyrik", Umar berkata pd bapaknya, "Sebelum anakmu durhaka, kamu lebih dulu durhaka padanya". "Semoga Allah dampingkan kita dengan pasangan sholeh or sholehah, Allah hiasi keluarga kita dengan nama nama baik dan akhlak yang mulia dan Allah jadikan keluarga dan keturunan kita penuh rahmat Allah karena mencintai Alqur'an dan Sunnah Nabi Muhammad...aamiin"..

K. H. Muhammad Arifin Ilham
12 Oktober
Kenalilah ragam persahabatan, 1. "Taaruffan" hanya kenalan, sprt pernah bertemu di kereta api, halte, rumah sakit dsb, 2. "Taariiihan" bersejarah, sprt teman sekampung, satu almamater, satu kost dsb, 3. "Ahammiyyatan" karena kepentingan, seperti bisnis, politik...boleh jadi juga karena ada maunya, 4. "faarihan" karena hobby, sprt teman futsal, badminton, berburu dsb, 5. "Amalan" karena seprofesi, sama2 guru,
dokter dsb, 6. "Aduwwan" sahabat tetapi musuh, depan seakan cinta tetapi sangat benci, menunggu, mengincar kejatuhan sahabatnya, "Bila kamu memperoleh ni'mat, ia benci, bila kamu tertimpa musibah, ia senang..." (QS 3:120). Rasulullah mengajarkan doa", Allahumma ya Allah selamatkanlah hamba dari sahabat yang bila melihat kebaikanku ia sembunyi tetapi bila melihat keburukanku ia sebarkan", 7. "Hubban Iimaanan", lahir bathin tulus saling cinta karena ALLAH, saling menolong, menasehati, menutupi aib sahabatnya, memberi hadiah bahkan diam2 dipenghujung malam, ia doakan sahabatnya. Boleh jadi ia tidak bertemu tetapi ia cinta sahabatnya karena ALLAH. Sahabatku persahabatan 1 - 6 akan sirna di Akhirat nanti kecuali persahabatan karena ALLAH (QS 49:10), "Teman2 akrab pd hari itu (Qiyamat) sebagain menjadi musuh bg yang lain kecuali persahabatan karena KETAQWAAN" (QS 43:67). Aku berdoa semoga persahabatan kita karena ALLAH walau via FB ini, sahabatku...insya ALLAH, aamiin.

K. H. Muhammad Arifin Ilham
10 Oktober
Assalaamu alaikum wa rahmatullahi wa barkaatuhu. Ustad, mengapa doa2ku tidak diijabah Allah? Sahabatku, tugas kita sebagai hamba-Nya berdoa, hak prerogratif Allah u mengijabahnya, Allah ingin kita selalu berdoa pada-Nya, boleh jadi kalau dikabulkan kita tidak berdoa lagi, tidak dikabulkan karena kalau dikabulkan membawa fitnah u kita, tidak jadi kaya, boleh jadi setelah kaya jadi sombong, Allah hanya kab
ulkan di akhirat saja, jadi doa sebagai tabungan akhirat, Allah kabulkan dalam bentuk lain, Allah tahu baik buruknya u kita, Nah saatnya u muhasabah diri, mungkin dari rizki tidak halal yang kita makan, mungkin masih diiringi ma'siyat, atau masih sering menyakiti org lain... So perbaiki diri, sungguh2 taat dan jangan pernah putus asa dalam berdoa!!...."Berdoalah kalian kepada-Ku, pasti KU ijabah doa kalian!!"(QS 40:60). SubhanAllah, terus terus terus berdoa karena kita tidak tahu kapan, dimana dan bagaimana doa kita diijabah Allah...insya Allah, aamiin.

K. H. Muhammad Arifin Ilham
11 Oktober
Assalaamu alaikum wa rahmatullaahi wa barkaatuhu. Sahabatku inilah diantara Hikmah Qurban, 1. Bukti nyata bersyukur, “Supaya mereka menyebut nama Allah atas apa yang Allah rizkikan kepada mereka berupa binatang ternak….” (QS. Al Hajj : 34), 2. Bukti sebagai hamba bertaqwa, “Daging2 unta 2 darahnya itu sekali2 tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketaqwaan dari kamulah yang dapat mencapainya…” (Al – Hajj :37), 3. Berhak beribadah kepada Allah, “Barang siapa yang mempunyai keluasan (harta) dan tidak mau berkurban, maka janganlah mendekati tempat shalat kami!” (HR. Ahmad, Ibnu Majah, Al Hakim, Ad Daruquthni dan Al Baihaqi), 4. Meraih ampunan dosa, ”Fatimah, berdirilah dan saksikan hewan sembelihanmu itu. Sesungguhnya kamu diampuni pada saat awal tetesan darah itu dari dosa2 yang kamu lakukan... (HR. Abu Daud dan At-Tirmizi), 5. Pahala besar, "Pada tiap2 lembar bulunya itu kita memperoleh satu kebaikan" (HR. Ahmad dan Ibnu Majah), 6. Hewan Qurban bersaksi, Sesungguhnya ia (hewan qurban) akan datang pada hari kiamat dengan tanduk, kuku dan bulu2nya. dan sesungguhnya darah hewan qurban akan jatuh pd sebuah tempat didekat Allah sebelum darah mengalir menyentuh tanah. Maka berbahagialah jiwa dengannya". (HR. At Tirmidzi, Ibnu Majah dan Al Hakim). SubhanAllah demikian besar keutamaan qurban sahabatku, "Semoga Allah terima amal ibadah Qurban kita...aamiin".


K. H. Muhammad Arifin Ilham
9 Oktober
Assalaamu alaikum wa rahmatullaahi wa barkaatuhu. Sebelum rehat malam ini kuajak diriku dan kalian sahabatku u merenungi nasehat Rasulullah. “Sungguh jika diantara kalian telah wafat, diperlihatkan padanya tempatnya kelak setiap pagi dan sore, jika ia penduduk sorga maka diperlihatkan bahwa ia penduduk sorga, jika ia penduduk neraka maka diperlihatkan bahwa ia penduduk neraka, dan dikatakan padanya: ini
lah tempatmu. Demikian hingga kau dibangkitkan ALLAH di hari Qiamat” (Shahih Bukhari). Alhamdulillah yang membuat kita bahagia saat ini sebelum tidur di alam kubur, kita masih diberi kesempatan u berTAUBAT, berIBADAH, berAMAL SHOLEH dan menebarkan kebaikan, sekalipun waktu yang ALLAH berikan terlalu sebentar u mengumpulkan bekal selama lamanya di Akhirat kelak. Jangan sia siakan lagi sisa hidup ini sahabatku. Berwudhu, berdoa, berzikirlah sebelum tidur, sebelum wafat husnul khotimah ...insya ALLAH, aamiin.

K. H. Muhammad Arifin Ilham
10 Oktober
Assalaamu alaikum wa rahmatullaahi wa barkaatuhu. Sahabatku wanita beriman, jangan lupa besok khusus "Kajian Muslimat" di mesjid Az Zikra Sentul mulai jam 08 30 bersama arifin, dan malam jum'at nya halaman Panggung Rakyat Puteri Kemuning Tanjung Balai Karimun Kepulauan Riau. Insya Allah Tawsiyah Zikir di mesjid Az Zikra Sentul 07 00 ahad 19 Dzulhijjah / 4 November. Maafkan kuinformasikan ini agar sahabat FBku terdekat bisa hadir langsung.

K. H. Muhammad Arifin Ilham
9 Oktober
Assalaamu alaikum wa rahmatullaahi wa barkaatuhu. Ingat sahabatku, segala ciptaan dan semua peristiwa ALLAH putuskan dengan "AR ROHMAAN dan AR RAHIIM" RAHMATNYA, "AL ALIIM" ILMUNYA, dan "ALHAKIIM" KEBIJAKANNYA, berarti setiap kejadian selalu penuh dengan rahmat dan hikmahNYA, "blessing in disguese" dan tidak akan bisa dibaca oleh mereka yang panik "alkuflu" hati tertutup emosi karena tidak rela dengan musibah. Karena itu
Rasulullah mengajarkan doa bila musibah terjadi, "Ya ALLAH hamba bukan menolak takdirMU, takdirMU adalah takdirMu, berilah kepada hamba KEIKHLASAN, KESABARAN, KETAWAKKALAN, BAIK SANGKA dan KECERDASAN menangkap BAHASA HIKMAH dibalik SEGALA TAKDIRMU...aamiin". So jangan putus asa, jangan sedih berkepanjangan, jangan cengeng, jangan minder, jangan buruk sangka lagi dan jangan pernah menyerah...BANGKITLAH!, BERTAQWALAH!, DIA janjikan jalan keluar bg hambaNYA yang BERTAQWA (QS 65:2), ALLAHU AKBAR.

K. H. Muhammad Arifin Ilham
7 Oktober
Assalaamu alaikum wa rahmatullaahi wa barkaatuhu.. SubhanALLAH, sahabatku, sebelum rehat malam ini, kusampaikan untuk kalian 3 kiat membuat dunia ini "Al Jannah qoblal Jannah" Syurga sebelum Syuga sebenarnya di akhirat kelak, pertama. SUNGGUH SUNGGUH TAAT kepada ALLAH, kedua. BAIK SANGKA atas SEMUA TAKDIRNYA dan ketiga. ASYIK MUHASABAH DIRI dengan SIBUK TERUS MENERUS MEMPERBAIKI DIRI, sama sekali tidak tertarik mencari kekurangan apalagi aib orang lain. Coba renungkan ulang hikmah ini sahabatku fillah. I love you all cause of ALLAH.

K. H. Muhammad Arifin Ilham
6 Oktober
Assalaamu alaikum wa rahmatullaahi wa barkaatuhu. Sahabatku, kesalahan kita mengangap bahwa hanya musibah sebagai ujian bukan nikmat, jarang kita menganggap sehat, cantik, kaya, jabatan dan popularitas itu ujian. Itulah penyebab utama yang membuat kita gagal menghadapi ujian nikmat. "Dan Kami uji kalian dengan musibah dan nikmat sebagai sebenar2nya ujian" (QS 21:35). Rasulullahpun mengingatkan, "Sungguh yang kutakutk
an pd umatku adalah ujian nikmat", dlm hadist lain Rasulullah memberitakan gembira u umatnya yang beriman, "Ajaib org beriman itu, selalu sukses, kalau dberi nikmat, ia bersyukur dan kalau ditimpa musibah, ia sabar". Almarhumah nenekku berwasiat, "Ingat cucuku, kalau sukses ingat nabi Sulaiman dan kalau susah ingat nabi Ayyub", "SubhanALLAH, makasih ya nek". "Semoga ALLAH jadikan kita hambaNYA yang lulus dari ujian2NYA...aamiin".

K. H. Muhammad Arifin Ilham
5 Oktober
Assalaamu alaikum wa rahmatullahi wa barkaatuhu. Sahabatku simaklah berita gembira dari Rasullullah, Abu Darda’ ra berkata : Saya telah mendengar Rasulullah bersabda: “Siapa yang melalui suatu jalan u menuntut ilmu syar’i, Allah akan mudahkan baginya jalan u ke surga. Dan para Malaikat selalu meletakkan sayapnya menaungi para pelajar karena senang dengan perbuatan mereka. Dan org yang berilmu (Pengajar) diminta
kan ampun oleh penduduk langit dan bumi dan ikan2 di dalam air. Kelebihan org yang berilmu atas ahli ibadah bagaikan kelebihan sinar bulan atas lain2 bintang. Sesungguhnya org2 yang berilmu adalah pewaris nabi2. Sesungguhnya Nabi2 tidak mewariskan uang dinar dan dirham hanya mereka mewariskan ilmu agama, maka siapa yang mendapatkannya berarti telah mengambil bahagian yang besar”. (HR. Abu Daud dan At-Tirmidzi). "SubhanAllah, karena itulah kusiapkan diriku setiap subuh u kajian halaqoh subuh sampai matahari terbit di mesjid Az Zikra Sentul, kutunggu kalian sahabatku. Sungguh indah hidup ini jika hari hari kita selalu kita lalui dengan amal ibadah hingga wafat husnul khotimah...insya Allah...aamiin". Kurehat dulu ya sahabatku, jangan lupa sebelum tidur, berwudhu, berdoa dan berzikir.

K. H. Muhammad Arifin Ilham
5 Oktober
Ustadz, hidupku banyak sial, tidak tenang, sholat tetap kulakukan tetapi malas dan hampa, harus mulai dari mana hidupku bisa tenang? Sahabatku, mulailah dengan sungguh sungguh TAUBAT, jangan ma'siyat lagi karena ma'siyat itu mengundang banyak sial yang cepat, istigfarlah dengan kesungguhan taat. Ali bin Abi Tholib berkata, "Sialmu karena dosa dosamu, dengan taubat dan banyak istigfarmu, ALLAH angkat dosa dosamu, maka terangkat pula sialmu". Simaklah Kalam ALLAH ini dengan iman, "MOHON AMPUNAN ALLAH dan TAUBATLAH SUNGGUH SUNGGUH, NISCAYA ALLAH MEMBERI KETENANGAN TERUS MENERUS" (QS 11:3). "Allahumma ya ALLAH senang tenangkan hidup kami dengan kesungguhan taubat dan kenikmatan taat...aamiin".


K. H. Muhammad Arifin Ilham
4 Oktober
Assalaamu alaikum wa rahmatullaahi wa barkaatuhu. Insya Allah malam ini seusai da'wah di Pemalang Jawa Tengah, langsung balik lewat darat menuju Sentul Bogor untuk khutbah jum'at di mesjid Az Zikra Sentul Bogor. Insya Allah sabtu subuh 04 00 - 05 30 siaran rekaman di MNCTV, dan sahabatku yang ingin merasakan ni'matnya kajian halaqoh subuh sampai matahari terbit, silahkan hadir langsung subuh sabtu di
mesjid Az Zikra Sentul Bogor. Sabtu sore ashar berjamaah di mesjid An Nur Permata Timur Curug Kali Malang, tidak waktu magrib - isya seperti biasanya. Dan jangan lupa seperti biasa ahad pertama 21 Dzulqo'dah / 7 Oktober mulai 07 00 Tawsyiyah Zikir di mesjid Az Zikra Sentul dengan penceramah ulama dari Suriah Syekh DR Muhammad al Khotib. Untuk info sahabatku silahkan hubungi akhi Kris 081389621113 dan akhi Meldi 087886001417. "Mohon doa kalian dan maaf lahir bathin, semoga Allah selalu memberkahi persahabatan dan aktifitas dakwah kita...aamiin".

K. H. Muhammad Arifin Ilham
4 Oktober
SubhanAllah sahabatku, kuteringat nasehat guruku seusai sholat dhuha di mesjid Pesantren Darunnajah Kebayoran Lama, waktu itu kelas 2 Tsanawiyah, umurku 14 tahun, "Nak selama kalian jaga malam dengan tahajjud dan siang kalian jaga dengan sholat dhuha "maa wadddaaka Robbuka"....Sungguh Allah tidak akan tinggalkan kalian, Allah jaga kalian siang malam sebagaimana kalian menjaga hubungan dengan Allah siang malam". Nasehat ini sangat membekas dan kini kujaga. Insya Allah subuh kamis hari ini 04 30 "Indahnya Hidup dalam Islam" di TVRI dan nanti malam di Jalan Konveksi Rowosari Ulujami Pemalang Jawa Tengah. "Semoga persahabatan dan sisa umur kita senantiasa dalam berkah Allah...aamiin"

K. H. Muhammad Arifin Ilham
3 Oktober
SubhanAllah saatku menyampaikan da'wah Walimatus Safar, anak sahabatku bang Izam menghampiriku u menciumku. Segera kuhentikan ceramahku u menciumnya lebih dulu. Aku teringat kisah Rasulullah mencium tangan anak kecil dengan kasih sayang. Beliau
bersabda, "Arroohimuun yarhamuhumurrahmaanu", "Para penyayang disayang Maha Penyayang". Karekter aslinya mu'min itu lembut dan belas kasih, tegas dan berani dalam Haq dan Amer ma'ruf wa nahyu mungkar. Sentuhan ciuman walau dianggap biasa tetapi membawa sentuhan bathin yang mendalam sahabatku. Coba biasakan cium istri dan anak2 disetiap kesempatan, insya Allah suasanapun selalu hangat dan indah...Syurga sebelum Syurga, sahabatku.

K. H. Muhammad Arifin Ilham
2 Oktober
SubhanAllah, sahabatku, Rasulullah mengajarkan doa "sayyidul istigfar" rajanya istigfar yang tidak tertolak bagi pemohon yang tulus apalagi dipanjatkan dipenghujung malam. Mari kita baca doa ini dengan penuh harap dan yaqin, "Ya Allah, Engkaulah Tuhanku tidak ada Tuhan selain Engkau, Engkau menciptakanku dan aku adalah hambaMu, aku berusaha memenuhi tekad dan janjiku untuk taat padaMu sekuatku, aku berlindung padaMu dari keburukan perbuatanku, aku mengakui semua nikmatMu, aku juga mengakui banyak dosaku, maka AMPUNILAH aku, karena sesungguhnya tidak ada yang dapat mengampuni dosa-dasakuu selain Engkau...aamiin".

K. H. Muhammad Arifin Ilham
1 Oktober
SubhanAllah, semoga kalian selaiu dalam kenikmatan taat...aamiin. Sahabatku, ketahuilah tanda yang tampak terlihat pertama seorg mu'min setelah ucapan salamnya adalah "Attabassum" MURAH SENYUMNYA, Rasulullah bersabda," Senyummu pd saudaramu adalah sedekah", dalam kesempatan lain beliau berwasiat, "Jangan sekali2 kalian meremehkan suatu kebaikan, walau hanya berupa keceriaan wajah ketika kalian berte
mu dengan sahabat kalian" (HR Muslim), dan beliau juga mengingatkan kepada "Al abuus", "Org yang bermuka masam dan tidak membuat org lain gembira adalah org yang tidak memiliki nilai kebaikan disisi ALLAH". Indahkan ISLAM itu sahabatku, itulah yang membuat kita bahagia ber-ISLAM, karena org beriman itu SANGAT BAHAGIA dengan KEISLAMANNYA dan terpancar selalu pada wajahnya, "a litlle thing but i never forgot you, couse yours smile", SUBHANALLAH, Senyumlah...senyumlah...senyumlah seperti RASULULLAH, sahabatku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.