14 Langkah WAJIB Bagi Nahkoda
Sebelum Berlayar
1. YAKINKAN KAPAL
TELAH LAYAK UNTUK
BERLAYAR BERDASARKAN
DOCUMENT KAPAL YANG
WAJIB DIPENUHI (Surat – Surat Kapal Masih Berlaku dan
Lengkap).
2. ALAT-ALAT
KESELAMATAN DALAM KONDISI BAIK (Life
Boy, Life Jacket, Life raft, Alat pemadam kebakaran, Sekoci penolong).
3. PETA
NAVIGASI LAUT (Nautical Chart)
SESUAI RUTE YANG AKAN DITEMPUH SUDAH ADA DI ANJUNGAN KAPAL.
4.
MEMASTIKAN PASOKAN FRESH WATER DAN MAKANAN CUKUP.
6.
YAKINKAN
BAHWA CREW KAPAL
TELAH LENGKAP SESUAI SIJIL
DARI SYAHBANDAR TERMASUK
NAHKODA.(Dokument Crew dan Nakhoda Sudah
Lengkap dan Valid)
7.
IJIN BERLAYAR
(MOP) – IJIN
BEROPERASI ATAU BERLAYAR
DARI PIHAK YANG
BERWENANG TELAH DIPAHAMI
DAN SEMUA TINDAKAN PENCEGAHAN
BAHAYA YANG MUNGKIN TIMBUL
TELAH DITERAPKAN.
8. TELAH MELAKUKAN PENGETESAN SEMUA ALAT NAVIGASI, DAN MEYAKINKAN SEMUA BERFUNGSI SEBAGAIMANA MESTINYA. (Radar, Gps, Ais, Echosounder, Radio Vhf,dll)
9.
RUTE
PELAYARAN YANG AMAN
DAN BAHAYA NAVIGASI YANG
AKAN DILALUI TELAH
DIKETAHUI, JIKA BELUM
SILAHKAN MENANYAKAN KE Avts
Control atau Perwakilan Petugas Marine Setempat.
10. PERALATAN DI
DECK (Tali Tambat, Tali Tunda, Peralatan Kerja
lainnya di Deck)
TELAH SIAP DAN DALAM
KONDISI LAYAK PAKAI.
11.
TELAH
MELAKUKAN PENGETESAN TERHADAP
MESIN INDUK DAN MESIN
BANTU LAINNYA, DAN MEYAKINKAN SEMUA KONDISI
SIAP DAN BERFUNGSI
BAIK.
12.
KOMUNIKASIKAN
PERIHAL RENCANA PENYANDARAN
DAN PEMBONGKARAN MUATAN (Hubungi
Via Radio atau Telepon) DENGAN PIHAK
YANG AKAN DITUJU.MISALNYA: RIG, PLATFORM, ATAU PERWAKILAN
LOGISTIC DI DERMAGA TUJUAN.
13.
PAHAMI KONDISI
CUACA DAN WASPADA
KEMUNGKINAN PERUBAHAN CUACA (Angin,
Arus dan
Pasang-Surut Air).
14.
PAHAMI TINDAKAN YANG HARUS DIAMBIL BILA
TERJADI KEADAAN DARURAT
Peta Navigasi Laut (Nautical Chart)
Peta
navigasi laut atau nautical chart merupakan peta topografi di daerah maritim
dan wilayah pesisir disekitarnya. Peta ini memuat informasi-informasi yang
ditemukan di daerah maritim seperti kedalaman laut, tinggi tanah, fitur alami
seperti seabed, detil garis pesisir, informasi pasut dan arus, detil medan
magnet lokal dan hasil buatan manusia seperti mercusuar, jembatan dan pelabuhan.Peta navigasi penting digunakan dalam pelayaran karena sangat bermanfaat untuk mengarahkan kapal ke pelabuhan atau ke dermaga tujuan. Selain itu, karena peta ini juga memuat topografi dasar laut dan karang-karang maka peta ini dapat membantu kapal untuk menghindari karang agar kapal tidak karam. Peta navigasi laut dibuat berwarna untuk dapat memudahkan penggunaan. Perbedaan warna diberikan pada fitur-fitur buatan manusia, daratan, seabed yang terlihat saat laut surut, seabed yang selalu di bawah air dan juga kedalaman air. Kedalaman dihitung dari chart datum sesuai standar IHO. Biasanya digunakan LAT (Lowest Astronomical Tide), yaitu pasut terendah yang diprediksi pada siklus pasut penuh. Namun, pada wilayah yang tidak mengalami pasut biasanya menggunakan MSL (Mean Sea Level).
Persiapan Lainnya Sebelum Berlayar
1. Kotak
P3K sudah lengkap isinya dan tidak expired,dan lebih bagus lagi kalau ada tim
medis atau dokter yang ikut berlayar.
PENTING : Jika Anda merasa website ini bermanfaat, mohon do'akan
supaya Allah mengampuni seluruh dosa-dosa Keluarga kami, dan memanjangkan umur
keluarga kami dalam ketakwaan pada-Nya. Mohon do'akan juga supaya Allah selalu memberi Keluarga kami rezeki yang
halal,melimpah,mudah dan berkah, penuh kesehatan dan waktu luang, supaya kami
dapat memperbanyak amal shalih dengannya.
Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda :
Tidak ada seorang muslim pun yang mendoakan kebaikan bagi saudaranya [sesama muslim] tanpa sepengetahuan saudaranya, melainkan malaikat akan berkata, “Dan bagimu juga kebaikan yang sama.” (Hadits Shahih, Riwayat Muslim No. 4912)
Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda :
Tidak ada seorang muslim pun yang mendoakan kebaikan bagi saudaranya [sesama muslim] tanpa sepengetahuan saudaranya, melainkan malaikat akan berkata, “Dan bagimu juga kebaikan yang sama.” (Hadits Shahih, Riwayat Muslim No. 4912)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.