Jumat, 05 September 2025

LEBIH SAFETY !!! BEGINI CARA MENGISI AIR TOILET PADA KERETA TANPA HARUS NAIK DI ATAS GERBONG KERETA




Secara umum, pengisian tandon air kereta penumpang di luar negeri sudah tidak dilakukan dengan cara naik ke atas gerbong, karena faktor keselamatan kerja dan efisiensi waktu.

 

Sistem yang dipakai di luar negeri:

 

1. Water Crane / Water Column

Dulu di zaman lokomotif uap, ada pipa air tegak di stasiun yang bisa diputar ke arah lokomotif untuk mengisi tandon.

Masih ada di museum atau jalur heritage, tapi jarang dipakai operasional modern.

2. Fixed Water Filling Station

Di banyak negara (Eropa, Jepang, India), peron besar atau depo punya instalasi pipa air permanen dengan selang fleksibel yang dihubungkan langsung ke tangki kereta.

Operator tidak perlu naik ke atap; cukup colokkan selang ke port pengisian yang sudah tersedia di samping bawah atau ujung kereta.

3. Automatic Train Washing & Service Facility

Di depo modern (misalnya Jepang Shinkansen, TGV Prancis, ICE Jerman), ada satu jalur khusus tempat kereta berhenti sebentar.

Saat itu, sistem otomatis mengisi air, buang limbah toilet, dan membersihkan kereta sekaligus. Proses hanya beberapa menit.

 

Kenapa tidak lagi naik ke atap?

Bahaya jatuh (tinggi gerbong bisa >4 meter).

Bahaya sengatan listrik dari jaringan listrik atas (catenary).

Regulasi K3 internasional melarang pekerja berada di atap kecuali benar-benar perlu.

Jadi kalau dibandingkan dengan Indonesia, di luar negeri umumnya sudah pakai sistem isi air dari samping/bawah dengan pipa atau selang, bukan naik ke atas.

 

Contoh Sistem Modern Pengisian Air Tanpa Naik ke Atas Gerbong

1. Hose Reel & Stationary Units

Misalnya, Vogelsang ReelUnit—sebuah sistem hose reel otomatis yang bisa digunakan untuk mengisi air minum maupun membuang air limbah. Sistem ini memungkinkan operator untuk menarik selang dari bawah permukaan atau samping tanpa masuk jalur atau mengakses atap gerbong .

Begitu juga Vogelsang TUnit, yaitu unit layanan terintegrasi di depot yang menyediakan air bersih via selang otomatis, dengan fitur retractable hose, proteksi anti beku, dan kemampuan pengisian otomatis—semua tanpa memerlukan naik ke atap .

 

2. Depot Supply & Disposal Systems

Di banyak depot modern (misalnya Jerman), ada sistem suplai air dan pengelolaan limbah yang sangat aman dan efisien. Instalasi seperti VacUnit (untuk pembilasan air limbah) dan TUnit (untuk suplai air) menghilangkan kebutuhan untuk personel berada di area berbahaya atau di atas gerbong, serta mendukung proses otomatis dan remote-controlled .

 

Di Beberapa Negara (contonh: India)

3. “Quick Watering System” & SCADA-Controlled Filling

Di India, Indian Railways telah memperkenalkan sistem pengisian cepat di beberapa stasiun (Contohnya: Mangaluru, Secunderabad, Bhopal, DDU Junction), di mana air disalurkan melalui pipa diameter 6 inch dengan pompa bertenaga tinggi, dikontrol secara komputer (SCADA).

Di Mangaluru, pengisian kini hanya butuh 8–10 menit dibanding sebelumnya hingga 20 menit .

Di Secunderabad, sistem ini mengisi seluruh rangkaian dalam 5 menit berkat saklar otomatis dan panel kontrol di ujung peron .

Di Bhopal dan stasiun di bawah Northeast Frontier Railway, sistem SCADA memungkinkan pengisian 24-coach dalam 5–6 menit, mengurangi pemborosan air dan mempercepat operasional .

Contoh di DDU Junction: pengisian otomatis hanya dalam 6 menit dan dapat menangani beberapa kereta sekaligus, semuanya dikontrol secara remote .

 

Ringkasan Perbandingan

Sistem reel/port depot seperti Vogelsang       Selang dari samping bawah atau unit fixed      Aman, efisien, tanpa akses atap

Depot modern (Jerman, ICE, dll.)        TUnit/VacUnit sistem terpadu Otomatis, remote, higienis

Stasiun India (quick watering) Pipa 6-inch + SCADA   Cepat (5–10 menit), banyak kereta sekaligus

 

 

Kesimpulan

Ya, banyak sistem modern di luar negeri dan sebagian negara lainnya sudah beralih ke metode pengisian air dari samping atau sistem otomatis di depot, tanpa perlu naik ke atas gerbong seperti zaman kereta uap atau metode manual. Sistem ini lebih aman, cepat, dan efisien—cocok untuk operasional kereta modern yang padat dan membutuhkan keamanan kerja tinggi.

 

Sistem Pengisian Air Kereta yang Lebih Modern (Tanpa Naik Atap)

1. Quick Watering System di India

Berikut beberapa contoh nyata sistem pengisian air modern yang menggantikan metode manual lama:

Mangaluru Junction (November 2023)

Quick Watering System menggunakan pipa berukuran 6 inci, motor bertenaga tinggi, serta sistem kendali SCADA untuk mengisi seluruh rangkaian kereta (~24 gerbong) dalam waktu sekitar 10 menit .

 

Tiruchi Railway Junction (Maret 2024)

Sistem berbasis aplikasi remote dengan panel kontrol komputer, mampu mengisi air seluruh kereta 24 gerbong dalam sekitar 8–9 menit .

 

Northeast Frontier Railway (Guwahati, Lumding, dll.)

Mengisi hingga 5–6 menit per rangkaian kereta dengan sistem SCADA, beberapa stasiun dapat melayani lebih dari satu kereta sekaligus .

 

Varanasi & Sekitarnya (2025)

Quick watering system memungkinkan pengisian dalam 5–6 menit untuk 24 gerbong, dengan pemantauan real-time mengenai tekanan, volume, dan aliran air .

 

DDU Junction (2020)

Alat quick watering otomatis diuji coba berhasil mengisi kereta penuh dalam waktu sekitar 6 menit, terkontrol secara komputer remote, dan bisa melayani 4–5 kereta sekaligus .

LABEL

PENTING : Jika Anda merasa website ini bermanfaat, mohon do'akan supaya Allah mengampuni seluruh dosa-dosa Keluarga kami, dan memanjangkan umur keluarga kami dalam ketakwaan pada-Nya. Mohon do'akan juga supaya Allah selalu memberi Keluarga kami rezeki yang halal,melimpah,mudah dan berkah, penuh kesehatan dan waktu luang, supaya kami dapat memperbanyak amal shalih dengannya.
Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda :

Tidak ada seorang muslim pun yang mendoakan kebaikan bagi saudaranya [sesama muslim] tanpa sepengetahuan saudaranya, melainkan malaikat akan berkata, “Dan bagimu juga kebaikan yang sama.” (Hadits Shahih, Riwayat Muslim No. 4912)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.