Senin, 04 November 2019

Capt Kanapi Nakhoda Long Boat KM NIKMAT Rute Handil Dua ke Samarinda dekat Pasar Pagi

Kapten Kanapi (Lagi Pegang Kemudi),Pemilik dan Sekaligus Nakhoda KM NIKMAT yang Sudah Sekitar 40 Tahun melayani Rute Handil Dua ke Samarinda.

Pada Hari Minggu 3 November 2019 jam 06:07 saya berangkat dengan jalan kaki dari Galangan Kapal yang berlokasi di Desa Muara Kembang menuju Dermaga kecil tempat dimana Long Boat KM NIKMAT dengan Rute Handil Dua ke Samarinda biasa mampir untuk jemput penumpang.
Sesuai info yang saya dapat KM NIKMAT akan tiba di dermaga RT 06 sekitar jam 07:30. sedangkan jarak yang harus saya tempuh dengan jalan kaki sekitar 0,5 km.jadi saya masih bisa cukup santai berjalan karena waktu masih cukup lama dan saya perkirakan hanya butuh waktu sekitar 15 menit untuk tiba didermaga dengan jalan kaki,sekitar lima belas menit kemudian tibalah saya di dermaga RT 06 kelurahan muara jawa,ternyata dermaga masih sepi dan saya pikir karena saya tiba terlalu pagi maka belum ada satupun calon penumpang ada disitu,saya lihat waktu di HP (karena saya tidak pakai jam tangan) masih jam 06:30

Jam 07:20 saya lihat dari kejauhan KM NIKMAT sudah terlihat medekati dermaga yang saya gunakan menungu KM NIKMAT dari tadi.

07:28 KM NIKMAT merapat di dermaga RT 06 Kelurahan Muara Kembang dan kemudian saya melompat naik diatapnya kapal dan kemudian turun pakai tangga kapal masuk ke dalam Ruangan kapal KM NIKMAT.

(BERSAMBUNG)



Suasana di Dalam Kapal Km Nikmat,para penumpang duduk Lesehan dan ada juga yang sambil tiduran

Besaran Tarip Penumpang
Jalan Menuju Dermaga RT 06 Kelurahan Muara Kembang Kecamatan Muara Jawa Kabupaten Kutai Kartanegara Propinsi Kalimantan Timur

Rumah Pak RT dekat dengan DERMAGA

Dermaga RT 06 Kelurahan Muara Jawa

KM NIKMAT terlihat dari Kejauhan Mendekati Dermaga RT 06 Muara Kembang tepat Jadwa jam 07:28

Cptn Kanapi Lagi Pegang Kemudi

Penumpang yang capek duduk Bisa Tiduran dilantai Kapal

Penumpang KM Nikmat juga dijamin Oleh Asuransi Jasa Raharja

Saat Terjadi Hujan,sisi kanan dan kiri kapal bisa ditutup dengan terpal biar air hujan tidak membasahi penumpang

Selain Mengambil Penumpang dari Dermaga,KM NIKMAT juga mengambil penumpang dari Kapal kapal yang lagi tambat atau lagi lego jangkar di sisi kanan dan kiri sungai yang dilalui oleh KM NIKMAT

Penggerak Kemudi KM NIKMAT masih menggunakan rantai dan seling

Capten Kanapi dalam mengoperasikan kapalnya dibantu oleh satu orang yang bertugas mengikat kapal ke Dermaga atau menggantikan Capten Kanapi memegang kemudi saat Capten Kanapi ada keperluan lain Semisal menarik Tiket atau Ongkos para penumpang

Suasana di dalam Kapal Saat siang hari terik bisa ditutup Terpal pada sisi yang kena sorot matahari


Selain Memuat Orang, Km Nikmat Juga Memuat Barang dan Sepeda Motor


Saat Perjalanan Pulang Dari Samarinda hari minggu sekitar jam 15:00 KM NIKMAT disalip oleh PRINCE SOYA

Jadwal KM NIKMAT berangkat dari Handil Dua Sekitar Jam 07:00 Pagi dan Tiba di Samarinda sekitar Jam 11:00

KM NIKMAT mempunyai Panjang 25 meter dengan penggerak Mesin Diesel Mitsubishi D6 dan bisa melaju dengan kecepatan sekitar 10 Knot

KM NIKMAT Mendekati dermaga RT 06 Muara Kembang

KM NIKMAT Saat Melintas Astina dengan Kecepatan 9,8 Knot

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.